Monday 21 March 2011

Bumbu Dapur : Penyebab Kolonialisasi

Kisah ini bermula dari sejarah "perang salib",  Perang Salib adalah kumpulan gelombang dari pertikaian agama bersenjata yang dimulai oleh kaum Kristiani pada periode 1095 – 1291; biasanya direstui oleh Paus atas nama Agama Kristen, dengan tujuan untuk menguasai kembali Yerusalem dan “Tanah Suci” dari kekuasaan kaum Muslim, awalnya diluncurkan sebagai jawaban atas permintaan dari Kekaisaran Bizantium yang beragama Kristen Ortodoks Timur untuk melawan ekspansi dari Dinasti Seljuk yang beragama Islam ke Anatolia, sebagaimana di kutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Salib.

Perang Salib berpengaruh sangat luas terhadap aspek-aspek politik, ekonomi dan sosial, yang mana beberapa bahkan masih berpengaruh sampai masa kini. Karena konfilk internal antara kerajaan-kerajaan Kristen dan kekuatan-kekuatan politik, beberapa ekspedisi Perang Salib (seperti Perang Salib Keempat) bergeser dari tujuan semulanya dan berakhir dengan dijarahnya kota-kota Kristen, termasuk ibukota Byzantium, Konstantinopel-kota yang paling maju dan kaya di benua Eropa saat itu. Perang Salib Keenam adalah perang salib pertama yang bertolak tanpa restu resmi dari gereja Katolik, dan menjadi contoh preseden yang memperbolehkan penguasa lain untuk secara individu menyerukan perang salib dalam ekspedisi berikutnya ke Tanah Suci. Konflik internal antara kerajaan-kerajaan Muslim dan kekuatan-kekuatan politik pun mengakibatkan persekutuan antara satu faksi melawan faksi lainnya seperti persekutuan antara kekuatan Tentara Salib dengan Kesultanan Rum yang Muslim dalam Perang Salib Kelima.

Perang Salib pada hakikatnya bukan perang agama, melainkan perang merebut kekuasaan daerah. Hal ini dibuktikan bahwa tentara Salib dan tentara Muslim saling bertukar ilmu pengetahuan. Disinilah sebenarnya awal kisah ersebut dimulai. Pada Abad ke 14 erpoa masih memasuki jaman kegelapan, dimana ilmu pengetahuan belum berkembang dengan pesat, bahkan banyak sekali ilmu pengetahuan yang akhirnya terbengkalai. Pada jaman in pula nilai-nilai budaya, sosial, politik dan kemasyarakatan di eropa sangat jauh tetinggal, sehingga dengan sangat mudah dapat di pengaruhi dengan doktrinasi-doktrinasi atas nama agama.
Perang salib sendiri berakhir dengan menempatkan Yerusalem di bawah kekuasaan kerajaan islam dengan memperbolehkan kaum kristiani untuk berziarah setiap saat. Tulisan ini sebenarnya tidak untuk membahas masalah perang salib, tapi dari sana lah awal mulanya teori bumbu dapur ini bermula.Pertumbuhan perdagangan setelah perang salib, membawa banyak barang ke Eropa yang sebelumnya tidak mereka kenal atau amat jarang ditemukan dan sangat mahal. Barang-barang ini termasuk berbagai macam rempah-rempah, gading, batu-batu mulia, teknik pembuatan barang kaca yang maju, bentuk awal dari mesiu, jeruk, apel, hasil-hasil tanaman Asia lainnya dan banyak lagi.

Ketika perang salib terjadi banyak tentara eropa yang merasakan masakan dari bangsa arab yang terkenal kaya akan rempah-rempah, dan sudah barang tentu rasanya jauh lebih enak dibanding dengan masakan bangsa eropa yang saat itu lebih banyak menggunakan media api untuk membakar makanan,  pengloahan makanan pada waktu itu, terutama daging cukup dengan cara di bakar.

Nah, karena faktor "ketagihan" akan masakan berbumbu inilah pada akhirnya rempah-rempah menjadi komoditas yang sangat mahal harga nya, dan menyebabkan bangsa-bangsa eropa pada awal nya mencari komoditas rempah-rempah untuk di perdagangkan, akan tetapi karena banyak sekali daerah-daerah tak bertuan di temukan, pada akhirnya terjadilah kolonialisasi. Tulisan ini tentu saja hanya teori iseng semata, tapi bisa menjadi teori alternatif selain Gold, Gospel, Glory dan Guns, Germs, and Stell.

(Riki Nuryadin 2011)

No comments:

Post a Comment

Repositori Institusional Di Perguruan Tinggi

Oleh : Riki Nuryadin riki.nuryadin@upi.edu riki.nuryadin@gmail.com Abstrak: Institusional repositori adalah sebuah wadah o...